Background

Pengenalan Blog Bagi Pemula

Pengenalan Blog Untuk Pemula

Sumber Artikel Dasar Yang Sudah Dirasakan Bentuk Optimalisasinya Dapat Anda Tiru Keberhasilannya

Sejarah Media blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang di miliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab di akuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang di peruntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog di pelihara oleh seorang penulis tunggal yang bersifat personal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis bersifat perusahaan. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang di publikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering di sebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering di sebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Komunitas Blogger Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus di penuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu. Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu, Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus.
Jenis-jenis blog Jenis-jenis blog yang digunakan lebih daripada tema blog yang dibangun baik itu berupa jasa prabayar ataupun gratis seperti, jasa tutorial pembuatan blog, desain, seo, bisnis internet, jasa iklan dan lain sebagainya. Bisa juga lebih kebentuk detail tema dari blog yang dibangun seperti.

  • Blog personal : Biasa digunakan untuk pribadi, buku harian, tempat hobi, bahkan pengembanganpun kerap dilakukan jika sudah beranjak ketahab serius menghasilkan tema yang berbeda.
  • Blog perusahaan : Biasa yang digunakan untuk mempromosikan perusahaan tersebut, baik hanya dalam ruang lingkup profil perusahaan, jenis perusahaan
  • Blog Jasa : Blog yang digunakan untuk jasa, bisa berupa produk jasa seperti jasa pembuatan blog, jasa iklan prabayar, jasa tutorial bisnis prabayar, produk
  • Blog Berita : Meliput tema blog dalam ruang lingkup berita saja
  • Blog Islam : Meliput tema atau subkategori pembahasan atau pembelajaran tentang artikel Islam dan lain sebaginya.

Budaya popularNgeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus di lakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog di rawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada banyak blog yang bisa di temukan di Internet. Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.
Resiko kejahatanKarena blog sering di gunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif di temukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat di pecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, di denda, dan bahkan di tangkap.

Sumber : artikelkomputerku

Leave a Reply